Entri Populer

Rabu, 26 Januari 2011

Syukuri Kelebihan Jangan Sesali Kekurangan


 bismillah...
Assalamu alaykum wr.wb.
Sahabat - sahabat -Qyu yang dirahmati Allah SWT, bahwa setiap kita dihidupkan oleh Allah SWT di Dunia ini debekali dengan berbagai macam kelebihan dan diuji juga dengan sedikit ketidaksempurnaan, nah kadang kekurangan atau ketidaksempuraan yang sedikit itulah yang selalu menjadi focus pembicaraan yang tidak pernah selelsai bahkan berlarut-larut dan kita jadikan sebagai alasan untuk tidak membuat prestasi yang besar untuk kemannfaatan ummat yang lebih banyak. --------------
Ada seorang ustad pernah share dan bliau ditanya oleh seorang pemuda. Dia berkata, “Ustadz, tolong bantu saya. Masa depan saya hancur, saya tidak punya masa depan. Ustadz, dulu saya sejak SD selalu dapat rangking 1, kemudian saat saya masuk kelas dua SMA saya tidak mau rangking.”
Saya tanya, “Kenapa?” “Saya malu, ustadz, karena di wajah saya ada tompelnya,” jawab pemuda tersebut. Lalu dia memperlihatkan tompel yang ada di wajahnya, dan itulah sebabnya dia selalu memakai topi dan memanjangkan rambut depannya agar bisa menutupi kekurangannya itu. Kemudian saya katakan, “Kamu benar-benar ingin berubah ?” “Iya, ustadz.” Ujarnya mantap. “Kalau begitu, ” saya berkata sambil mengeluarkan uang dari dompet. “Ini, saya beri uang 10 ribu, kamu sekarang pergi ke tempat cukur untuk mencukur rambut kamu sampai habis.” “Sampai botak, ustadz ?” Tanyanya bingung. “Benar.” “Saya malu, ustadz… Saya tidak mau, ustadz… Saya malu.” “Baik, kalau begitu sekarang silahkan kamu pulang,” saya berkata dengan tegas. “Saya tidak bisa membantu kamu… karena kamu sendiri tidak mau membantu dirimu sendiri.”

Pemuda itu pun terdiam dan akhirnya dia bersedia untuk mencukur rambutnya. Kemudian saya setelkan sebuah film motivasi dari laptop yang saya pegang. Dalam film itu ada seorang pemuda yang dilahirkan tanpa kedua lengan, dengan semangat untuk maju… pemuda itu terus berusaha mencapai kesuksesan, akhirnya dia bisa menulis, melukis bahkan menyetir mobil. Saya tanya lagi, “Wahai anak muda… kalau dibandingkan antara kondisi kamu dan kondisi pemuda itu, mana yang lebih baik ?” Jawabnya, “Saya lebih baik, ustadz.”

“Kalau dia saja yang tidak punya kedua lengan bisa, kenapa kamu tidak bisa ? Kalau dia saja bisa bersyukur, kenapa kamu masih saja belum mau bersyukur ?” Seringkali kita menangis karena tidak memiliki sepatu baru, sementara orang lain menangis karena tidak punya kaki. Fokuslah pada kelebihan, Jangan fokus pada kelemahan.

Seekor burung tidak bisa merubah arah angin, tapi dia bisa merubah arah sayap hingga dia bisa terbang mencapai tujuannya. Allah menciptakan setiap manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya untuk menguji siapa yang paling baik amalnya.

Jangan karena sering mengeluhkan sedikit kekurangan kita melupakan kelebihan. Allah tidak akan merubah suatu kaum… sampai kaum itu merubah dirinya sendiri. Dan Allah tergantung pada prasangka hambaNya.
 Semoga Bermanfaat..
Salam sukses..@@
Dhifan Fauzan Rinaldi

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More