Entri Populer

Rabu, 26 Januari 2011

Keutamaan Puasa Asyura

Bismillah,,
Assalamu alaikum wr.wb.
Saudara/iku yang sama-sama mengharap ridho Allah SWT..

Sedikit tulisan mengenai keutamaan puasa Asyura, selamat membaca...

Azh-Zhain bin Al-Mughirah berkata : “Pendapat terbanyak mengatakan bahwa yang dimaksud ‘Asyura adalah tanggal sepuluh pada bulan Muharram, dan pendapat ini lebih sesuaijika dilihat dari akar katanya dan penamaannya. Hukum Puasa ‘AsyuraPara ulama sepakat bahwa hukum puasa ‘Asyura adalah sunnah, dan mereka berbeda pendapat mengenai hukumnyapada masa permulaan Islam tatkala disyariatkan sebelumdisyariatkannya puasa Ramadhan. Abu Hanifah berpendapatbahwa pada awalnya diwajibkan kemudian dihapus, dandiriwayatkan dari Imam Ahmad akan sunnahnya, begitu jugaucapan jumhur ulama, karena Rasulullah SAW tidakmemerintahkan secara umum tentang puasa tersebut, bahkanbeliau bersabda : Hari ini adalah hari ‘Asyura, dan saya puasa pada haritersebut, siapa yang suka maka hendaklah dia puasa dan siapayang suka dia berbuka “Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata :“ Disunnahkan bagi yang puasa pada hari ‘Asyura untuk berpuasa pada tanggal sembilannya, karena hal tersebut adalah perintah Rasulullah saw yang paling akhir”.

Hikmah Puasa ‘Asyura dan Puasa Tanggal Sembilannya. Adapun puasa tanggal sembilannya adalah untuk menjaga puasa ‘Asyura, juga untuk menunjukkan sikap berbeda dari orang-orang Yahudi yang juga berpuasa hanya pada hari itu saja.Dengan menggabungkan kedua hari itu maka syariat tersebut menjadi berbeda dari ajaran Yahudi. Adapun puasa ‘Asyura itu sendiri karena pada hari tersebut terjadi beberapa kejadian yang baik, diantaranya :

Selamatnya Musa alaihissalam dan para pengikutnya serta tenggelamnya musuh Allah, Fir’aun besertakaumnya, begitu juga terjadinya beberapa tanda-tandakebesaran Allah terhadap makhluknya, sesuatu yang layakuntuk di syukuri.2Keutamaan Puasa ‘Asyura.Terdapat riwayat dalam shahih Muslim dari Abi Qatadah bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah saw tentang puasa‘Asyura, maka beliau bersabda : “Saya berharap agar ‘Allah menghapus dosa-dosa setahun sebelumnya “Urutan Derajat Puasa ‘Asyura:

Derajat pertama dan yang paling utama, adalah dengan melakukan puasa tiga hari, yaitu tanggal sembilan, sepuluh dan sebelas.

Derajat kedua, yaitu berpuasa pada tanggal sembilan dansepuluhnya, sebagaimana yang terdapat dalam riwayat Muslimdari Ibnu Abbas radiallahuanhu, dia berkata : Rasulullah sawbersabda : “Jika saya masih ada pada tahun depan, saya akan berpuasa pada tanggal sembilannya (bersama tanggal sepuluh)”,dan dari Ibnu Abbas juga, beliau bersabda “ Puasalah kalianpada tanggal sembilan dan sepuluh, bedakanlah dari orang-orangYahudi ”.

Derajat ketiga, yaitu dengan berpuasa hanya pada tanggal sepuluhnya saja, sebagaimana dari Ibnu Abbas dia berkata :“Kami diperintahkan Rasulullah saw untuk berpuasa pada hari‘Asyura”Apa Derajat Yang Paling Utama ?

Yang paling utama dari ketiga derajat tersebut adalah derajat yang pertama, karena berpuasa pada hari-hari tersebut akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya: Akan mendapatkan ganjaran puasa sebulan penuh,sebagaimana hadits Abdullah bin Amr bin Ash radialluhanhu,dia berkata:



Rasulullah saw bersabda : “tiga hari pada setiap bulan bagaikan puasa selamanya “. Karena puasa pada bulan ini adalah puasa yang utama setelah puasa Ramadhan, sebagaimana hadits Ibnu Abbas radiallahu anhu, dia berkata : “Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw memperhatikan sebuah puasa dan mengutamakannya atas yang lainnya, kecuali hari ini, yaitu hari‘Asyura, dan bulan ini, yaitu bulan Ramadhan “. Menunjukkan sikap berbeda dari orang-orang Yahudi, sebagaimana hadits Ibnu Abbas : “Berpuasalah kalian sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya “. Mengikuti jejak Rasulullah saw yang merupakan sunnahnya dengan mengamalkannya dan mendakwahkannya, sebagaibentuk ibadah yang utama kepada Allah swt. Dapat menghapus dosa-dosa setahun penuh, berdasarkanhadits Qatadah radiallahunhu, dia berkata, Rasulullah sawbersabda : ”Dan hari ‘Asyura dapat menghapus

(dosa-dosa)setahun sebalumnya “.



Demikian saudara/iku sekalian, semoga bermanfaat,

Mohon maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan

Selamat menunaikan ibadah Shaum Asyura, yang insyaAllah dilaksanakan tanggal

(09 - 11 muharam) atau tanggal 14-16 Desember 2010,

Semoga Allah menerima ibadah shaum Qt esok hinga selesai.. amin..

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More